Senin, 07 April 2014

NEMATODA DARAH DAN JARINGAN






1. WUCHERERIA BANCROFTI
     - Morfologi
        Cacing dewasa : berbentuk memanjang seperti rambut (hair like ), warna transparans, bentuk     filariaform, dengan ujung meruncing sedikit demi sedikit. Cacing jantan dan betina didapatkan saling melingkar di dalam habitatnya dan sukar untuk dilepaskan.
        Jantan  : Ukuran 25-40 X 0,1 mm, bagian pasterior melengkung ke ventral dan mempunyai spiculae.
        Betina  : Ukuran 80-100 X 0,25 mm, ekor lurus dan uterus berpasangan.
         Life Span : Kurang lebih 5-10 tahun.


    - Siklus Hidup

     Wuchereria bancrofti mempunyai 2 host yaitu :
      a. Dalam Tubuh Manusia (Definitif host) :
    Cacing dewasa berada dalam saluran dan kelenjar lymphe, setelah kawin cacing betina akan melahirkan mikrofilaria (ovo vivipar) sesuai dengan sifat periodisitasnya mikrofilaria-mikrofilaria tersebut akan berada di darah tepi . Bila kebetulan ada nyamuk yang sesuai menggigit penderita tersebut, maka mikrofilaria akan ikut terhisap bersama darah penderita dan masuk ke tubuh nyamuk. Didalam tubuh manusia mikrofilaria dapat bertahan hidup lama tanpa mengalami perubahan bentuk.
      b. Dalam Tubuh Intermediate host :
     Nyamuk yang berperan sebagai vektor biologis/hospes perantaraan untuk Wuchereria bancrofti adalah dari genus : Culex, Anopheles,Aedes. Mikrofilaria yang terhisap masuk pada saat terjadinya gigitan, sesampai di lambung nyamuk akan melepaskan sheathmya. 
Dalam waktu 1-2 jam kemudian ia menembus dinding usus nyamuk menuju ke otot-otot thorax untuk mengadakan metamorfosi. Dalam waktu 1-2 jam kemudian ia menembus dinding usus nyamuk menuju ke otot-otot thorax untuk mengadakan metamorfosis. Dalam waktu kurang lebih 2 hari mikrofilaria akan tumbuh menjadi larva stadium I (l24-250 mikron X 10-17 mikron) dan 3-7 hari kemudian menjadi larva stadium II yang panjangnya (225-330 mikron dan lebar 15-30 mikron) dan pada hari ke 10-11 pertumbuhan larva dapat dikatakan telah lengkap menjadi larva stadium III dengan ukuran panjang 1500-2000 mikron dan lebarnya 18-23 mikron), yaitu stadium yang infektif untuk manusia. Larva tersebut bermigrasi ke kelenjar ludah (proboscis). dan siap untuk ditularkan bila nyamuk tersebut menggigit manusia lagi.

  - Epidemiologi

     Parasit ini tersebar luas di daerah tropik dan subtropik, meluas jauh ke utara sampai Spanyol dan ke selatan sampai Brisbane, Australia. Di sebelah timur dunia dapat ditemukan di Afrika, Jepang, Taiwan, Filipina, Indonesia dan kepulauan Pasifik Selatan. Di belahan barat dunia di hindia barat, Costa Rica dan sebelah utara Amerika Selatan. Frekuensi filariasis yang bersifat periodik, berhubungan dengan kepadatan penduduk dan kebersihan yang kurang, karena culex quinguefascialus sebagai vektor utama, terutama membiak di dalam air yang dikotori dengan air got dan bahan organik yang telah membusuk. Di Daerah Pasifik Selatan frekuensi Filariasis nonperiodik di daerah luar kota sama tingginya atau lebih tinggi dari pada di desa-desa besar karena vektor terpenting ialah Aedes Polynesiensis, seekor nyamuk yang biasanya hidup di semak-semak. Frekuensi berbeda-beda menurut suku bangsa, umur, jenis kelamin, terutama berhubungan dengan faktor lingkungan. Orang Eropa, yang lebih terlindung terhadap nyamuk, mempunyai frekuensilebih rendah daripada penduduk asli.
     Vektor utama di belahan Barat Dunia ialah Culex quinquefanciatus dan di Pasifik Selatan Aedes Polynesiensis. Nyamuk Culex quinquefanciatu menggigit pada malam hari, hidup di rumah dan daerah kota, sedangkan nyamuk Aedes Polynesiensis menggigit pada siang hari, hidup di luar rumah dan di daerah hutan. Di daerah Pasifik Selatan filariasis nonperiodik berbeda dengan yang periodik atas dasar perbedaan geografis dan perbedaan-perbedaan kecil pada cacing dewasanya. Periodisitas tidak berubah walaupun orang yang terkena infeksi berpindah ke daerah nonperiodik.
Di Indonesia filariasis tersebar luas di daerah endemi terdapat di banyak pulau di seluruh Nusantara, seperti di Sumatera dan sekitarnya, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku, dan Irian Jaya. Untuk dapat memahami epidemiologi filariasis, kita perlu memperhatikan faktor-faktor seperti hospes, hospes reservoar, vektor, dan keadaan lingkungan.



2. BRUGIA MALAYI DAN BRUGIA TIMORI 
  - Morfologi
     1. Brugia Malayi  
    

          Cacing dewasa : bentuk halus seperti benang  berwarna putih susu
       Cacing jantan : 22 x 0,09 mm, ekor melengkung ke ventral, mempunyai 2 spikulum   
          Cacing betina : 55 x 0,16 mm, ekor lurus
   2. Brugia Timori
          Cacing dewasa : bentuk seperti benang  berwarna putih susu  
      Cacing jantan : (13 – 23) x 0,08 mm, ekor melengkung ke ventral, mempunyai 2 spikulum.
          Cacing betina : (21 – 39) x 0,1 mm, ekor lurus.
- Siklus Hidup


   1. Brugia Malayi

     Pengembangan dan replikasi B. malayi terjadi dalam dua fase diskrit: di vektor nyamuk dan dalam manusia. Kedua tahap sangat penting untuk siklus hidup parasit.  Nyamuk berfungsi sebagai vektor biologis dan hospes perantara - diperlukan untuk siklus perkembangan dan transmisi B. malayi. nyamuk mengambil makan darah manusia dan mikrofilaria ingests (telur berselubung seperti cacing) yang beredar dalam aliran darah manusia. Pada nyamuk, mikrofilaria gudang selubung menembus midgut, dan bermigrasi ke otot-otot dada adalah peningkatan mikrofilaria dalam ukuran, meranggas, dan berkembang menjadi larva infektif (L1 dan L3) selama rentang waktu 7-21 hari. Tidak reproduksi perkalian atau seksual mikrofilaria terjadi pada nyamuk. larva infektif (L3) bermigrasi ke kelenjar ludah, masukkan belalai dan melarikan diri ke kulit manusia ketika nyamuk mengambil lain makan darah.
            malayi mengalami pengembangan lebih lanjut pada manusia serta reproduksi seksual dan produksi telur. larva infektif (L3) secara aktif menembus kulit melalui lubang gigitan dan berkembang menjadi orang dewasa dalam sistem limfatik dalam jangka waktu 6 bulan. Cacing dewasa dapat bertahan hidup dalam sistem limfatik untuk 5-15 tahun. Dan cacing jantan betina dewasa mate dan betina menghasilkan telur rata-rata 10.000 berselubung (mikrofilaria) setiap hari mikrofilaria yang memasuki aliran darah dan menunjukkan periodisitas nokturnal klasik dan subperiodicity.  nyamuk lain mengambil makan darah dan ingests mikrofilaria itu. Infeksi tergantung pada nyamuk mengambil makan darah selama episode periodik - mikrofilaria yang hadir dalam aliran darah.
            Cacing dewasa menyerupai gelang nematoda klasik. malayi dan nematoda hanya memiliki otot-otot longitudinal dan bergerak dalam bentuk gerakan-S Orang dewasa biasanya lebih kecil daripada dewasa W. bancrofti , meskipun sedikit orang dewasa telah diisolasi. cacing dewasa Wanita (50 mm) lebih besar dari cacing jantan (25 mm). mikrofilaria B. malayi 200-275 um panjang dan memiliki anterior ujung bulat dan ujung runcing posterior Para mikrofilaria yang berselubung, yang noda berat dengan Giemsa. Selubung sebenarnya adalah kulit telur, lapisan tipis yang mengelilingi kulit telur sebagai mikrofilaria yang beredar dalam aliran darah. mikrofilaria ini mempertahankan selubung sampai dicerna dalam midgut nyamuk.
  
   2. Brugia Timori
Seseorang dapat tertular atau terinfeksi penyakit kaki gajah apabila orang tersebut digigit nyamuk yang infektif yaitu nyamuk yang mengandung larva stadium III ( L3 ). Nyamuk tersebut mendapat cacing filarial kecil ( mikrofilaria ) sewaktu menghisap darah penderita mengandung microfilaria atau binatang reservoir yang mengandung microfilaria. Siklus Penularan penyakit kaiki gajah ini melalui dua tahap, yaitu perkembangan dalam tubuh nyamuk ( vector ) dan tahap kedua perkembangan dalam tubuh manusia (hospes) dan reservoair. 
Mikrofilaria dari timori Brugia lebih panjang dan morfologi yang berbeda dari orang-orang dari Brugia malayi dan Wuchereria bancrofti, dengan ruang cephalic panjang-lebar untuk rasio sekitar 3:1. Juga, selubung B. timori tidak noda pink dengan Giemsa stain seperti diamati dengan B. malayi dan W. bancrofti.
- Epidemiologi
    1. Brugia Malayi
       B. malayi menginfeksi 13 juta orang di selatan dan Asia Tenggara dan yang bertanggung jawab untuk hampir 10% dari total kasus di dunia filariasis limfatik. Infeksi B. malayi adalah endemik atau berpotensi endemik di 16 negara, di mana ia paling umum di Cina selatan dan India, tetapi juga terjadi di Indonesia, Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, dan Korea Selatan. Penyebaran B. malayi tumpang tindih dengan W. bancrofti di wilayah ini, tetapi tidak hidup berdampingan dengan B. timori. Daerah fokus dari endemisitas ditentukan sebagian oleh vektor nyamuk.

   2. Brugia Timori 
    Brugia timori, spesies baru yang ditemukan di Indonesia sejak 1965 hingga sekarang hanya ditemukan di daerah NTT dan Timor-Timur ditularkan oleh Anopheles barbirostris yang berkembang biak di daerah sawah baik dekat pantai maupun di daerah pedalaman. 




3. MANZONELLA OZZARDI
- Morfologi
Seperti nematoda lain, Mansonella ozzardi adalah cacing silinder dan bilateral simetris. Ini adalah organisme dengan pseudocoel, atau rongga tubuh palsu. Bagian luar parasit disebut kutikula. Kutikula adalah lapisan pelindung yang dapat menahan lingkungan yang keras di saluran pencernaan dari host manusia.

M. ozzardi dan nematoda lainnya memiliki otot memanjang yang berjalan di sepanjang dinding tubuh. Mereka juga memiliki tali saraf dorsal, ventral, dan longitudinal terhubung ke otot-otot longitudinal. Pada tahap dewasa Mansonella ozzardi, betina lebih besar dari laki-laki.
 
Seperti nematoda lain, Mansonella ozzardi adalah cacing silinder dan bilateral simetris. Ini adalah organisme dengan pseudocoel, atau rongga tubuh palsu. Bagian luar parasit disebut kutikula. Kutikula adalah lapisan pelindung yang dapat menahan lingkungan yang keras di saluran pencernaan dari host manusia.
M. ozzardi dan nematoda lainnya memiliki otot memanjang yang berjalan di sepanjang dinding tubuh. Mereka juga memiliki tali saraf dorsal, ventral, dan longitudinal terhubung ke otot-otot longitudinal. Pada tahap dewasa Mansonella ozzardi, betina lebih besar dari laki-laki. 
- Siklus Hidup

Arthropoda (lalat hitam atau nyamuk menggigit) akan mengambil makan darah dari manusia dan akan memasukkan ketiga tahap larva filaria ke dalam host manusia.
Larva akan menjadi dewasa dan akan mendiami jaringan subkutan.
Orang-orang dewasa akan kawin dan menghasilkan mikrofilaria terhunus. Mikrofilaria ini akan masuk ke aliran darah.
Sebuah arthropoda tidak akan mengambil makan darah dari manusia yang terinfeksi dan menelan mikrofilaria tersebut.
Pada arthropoda tersebut, mikrofilaria akan perjalanan dari midgut ke otot dada.
Pada otot dada, mikrofilaria akan berkembang menjadi larva tahap pertama.
Kemudian, mikrofilaria akan lebih berkembang menjadi larva stadium ketiga.
Larva tahap ketiga akan melakukan perjalanan dari otot dada ke belalai yang arthropoda ini. Ini adalah tahap di mana arthropoda dapat menginfeksi manusia ketika mengambil makan darah.

- Epidemiologi
         Di India Barat, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan infeksi M. ozzardi bersifat indigenus.  Vektor utama filariasis ozzardi adalah Culicoides sp( Onggowaluyo, 2002)
  



                                          4.   ONCHOCERCA VOLVULUS
- Morfologi.


·         Ukuran cacing betina 33-50mm x 270-400mikron
·         Ukuran cacing jantan 19-42mm x 130 mikron
·         Bentuknya seperti kawat putih, transparan
·     Cacing betina mengeluarkan mikrofilaria dalam  jaringan subkutan, kemudian   meninggalkan jaringan subkutan menuju kulit.
·     Ukuran mikrofilaria 285x6 mikron tidak bersarung dan bagian kepala dan ekor tidak ada inti   
     - Siklus hidup onchocerca volvulus

Cacing dewasa berlokasi dibawah kulit dan akan terbentuk kapsula karena reaksi tubuh hospes. Bilamana berlokasi dekat tulang seperti persendian atau diatas tulang kepala, nodule yang permanen akan terjadi.
            Mikrofilaria berada dalam kulit kemudian terhisap oleh lalat penghisap darah/lalat hitam/bleck fly (Simulium damnosum) sebagai hospes intermedier. Bagian mulut lalat tidak menembus terlalu dalam, berisi cairan kental yang penuh dengan mikrofilaria. Fase pertama dari larva cacing bergerak dari saluran cerna lalat ke otot dada. Kemudian mengalami moulting yang kemudian moulting lagi menjadi larva infektif menjadi bentuk filaria (filariform), filaria muda bergerak kearah mulut lalat dan akan menginfeksi hospes definitif baru. Filaria tumbuh menjadi dewassa tinggal dibawah kulit selama kurang dari 1 tahun. Cacing biasanya berpasangan. Cacing yang berada dibawah kulit atau dibawah kulit yang lebih dalam akan memproduksi mikrofilaria. Mikrofilaria kemudian menginvasi kepermukaan kulit dan akan terhisap oleh hospes intermedier.

- Epidemiologi


Tempat perindukan vektor (Simulium) terdapat di daerah pegunungan yangmempunyai air sungai yang deras. Lalat ini suka menggigit manusia di sekitar sungai perindukannya. Penyakit ditemukan baik pada orang dewasa maupun pada anak. Infeksi yangmenahun seringkali diakhiri dengan kebutaan. Kebutaan terjadi pada penduduk yang berdekatan dengan sungai, makin jauh dari sungai kebutaan makin kurang dan oleh karena itu penyakit ini dikenal dengan river blindness  Pencegahan dilakukan dengan menghindari gigitan lalat Simuliumatau memakai pakaian tebal yang menutupi seluruh tubuh.
 
 
.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar